Monday, June 11, 2007

kehumasan SMA Xaverius 1 Palembang

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@


“ VISI DAN MISI UNTUK MENUNJANG KEMAJUAN SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG DALAM MENYONGSONG ERA GLOBALISASI DAN KEMAJUAN ZAMAN ”

















DISUSUN
OLEH



RBM. SUTARTOMO, B.A.


I. PEMBUKAAN

Menghadapi zaman globalisasi merupakan tantangan yang besar bagi dunia pendidikan, khususnya di SMA Xaverius 1 Palembang yang berada di bawah naungan Yayasan Xaverius Palembang di wilayah Keuskupan Agung Palembang.

Mengingat SMA Xaverius 1 Palembang merupakan sekolah yang besar dengan para guru dan karyawannya yang lebih dari 100 (seratus) orang, serta para siswanya yang berjumlah lebih dari 1500 (seribu lima ratus) orang, memang harus dihadapi dan dikelola dengan penuh kesungguhan dan hati-hati. Apalagi mengingat nama SMA Xaverius 1 Palembang sudah banyak dikenal masyarakat luas, baik daerah maupun nasional, melalui prestasi-prestasi yang telah berhasil diraihnya.

Untuk menyongsong masa depan, diperlukan strategi dan managemen yang baik dengan melihat situasi masa lalu, mengembangkan masa kini, dan merencanakan untuk masa yang akan datang, agar lebih baik dan demi kebersamaan dan kemajuan SMA Xaverius 1 Palembang pada khususnya dan Yayasan Xaverius pada umumnya.

Dengan meminjam kata “PANTA REI”, maka akan mengalir dan mengalirlah, sehingga memberi kesejukan dan kenyamanan bagi semuanya.

II. KEPEMIMPINAN

Ajaran Ki Hajar Dewantara, “ Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani” terbukti masih ampuh dan cocok untuk dilaksanakan dan tidak pernah ketinggalan zaman, serta cocok sekali dengan ajaran yang diberikan Tuhan Yesus Kristus sendiri, yaitu: “Cinta Kasih”.

Dalam suatu bentuk kepemimpinan yang baik, perlu dikembangkan berbagai teori-teori kepemimpinan yang cocok dan baik dalam arti yang sesungguhnya adalah adanya “dialog dua arah”. Hal ini memang sulit untuk diterapkan, tetapi dapat dilaksanakan. Untuk itu perlu kesadaran pribadi yang bersih atau adanya “mediator-mediator” sebagai “penghubung” antar berbagai pihak, baik antar “bawahan dan atasan”, maupun antar sesame dalam suatu profesi. Bila hal tersebut dapat terbentuk, akan terjadi suatu kenyamanan dan keamanan bersama, sehingga timbul suatu rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang baik, demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Tak ada salahnya kalau kita renungkan Sabda Yesus: “Aku datang untuk melayani dan bukan untuk dilayani”.


III. PENGELOLAAN ATAU MANAGEMEN

Dari dahulu SMA Xaverius 1 Palembang terkenal di masyarakat dengan segala kebaikkannya, baik para guru, karyawan, dan siswa-siswinya, maka kepercayaan (image) tersebut perlu tetap dijaga agar masyarakat tetap respek dan menaruh kepercayaan yang besar terhadap sekolah dan lembaga kita.

1. SUMBER DAYA MANUSIA

1.1 SISWA

Masyarakat luas telah menilai atau memberikan semacam “trade mark” kepada para siswa SMA Xaverius 1 Palembang sebagai siswa yang:
1.1.1 Baik kecerdasannya
1.1.2 Sopan dan disiplin tingkah lakunya
1.1.3 Ringan tangan untuk menolong orang lain dan sering mengadakan “Bakti Sosial”.
Dengan kata lain, para siswa yang cerdas, disiplin, dan mau berbakti sosial.
Akhir-akhir ini ketiga hal tersebut semakin kabur atau semakin menyurut, maka hal tersebut perlu diperhatikan untuk diambil beberapa tindakan, seperti:
a. Seleksi siswa-siswi yang masuk atau penerimaan siswa baru yang memenuhi kriteria SMA Xaverius 1 Palembang.
b. Kuantitas siswa-siswi, semakin banyak jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut, semakin sulit untuk dikelola dan pengawasannya, sehingga semakin banyak pula masalahnya.
Hal ini diperlukan suatu perhitungan yang cermat, tanpa mengabaikan animo masyarakat untuk “menitipkan” anaknya dididik di SMA Xaverius 1 Palembang.

1.2 GURU DAN KARYAWAN

Sektor SDM ini tidak bisa diremehkan begitu saja, karena mereka sebagai ujung-ujung tombak sekolah dan lembaga pendidkan ini.
Faktor ini tidak hanya dari masa penerimaan atau penyeleksian yang dilakukan secara kualitatif dan bebas dari KKN, tetapi juga pembinaan terhadap mereka sepanjang berada di lembaga ini dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Pembinaan profesi.
2. Pembinaan rohani.

1.1 Pembinaan profesi dapat dilaksanakan melelui:
a. Pelatihan-pelatihan.
b. Seminar
c. Lokakarya.
d. Dan sejenisnya sesuai dengan profesinya masing-masing.

1.2 Pembinaan rohani dapat dilaksanakan melalui:
a. Retret.
b. Rekoleksi
c. Rekreasi.
Ini dapat menjadi “refreshing”, sehingga jiwa dan raga menjadi segar kembali untuk melanjutkan karya-karya atau tugas-tugas mereka.
Pembinaan ini dapat dikelola oleh lembaga ini atau mengikutsertakan lembaga lain atau mengirimkan atau mengikutsertakan para guru dan karyawan dalam pelatihan-pelatihan baik dalam tingkat lokal, nasional dan internasional secara periodik.


2. PENDANAAN

2.1 SPP

Menyeleksi atau memberikan bantuan kepada para siswa yang tidak mampu, sehingga SMA Xaverius 1 Palembang bukan dikonotasikan sebagai sekolah bagi anak-anak orang kaya saja.
Bagi para siswa yang mampu diberikan batasan khusus atau kebebasan untuk membayar SPP sesuai dengan kategori-kategori atau kelas-kelas tertentu yang ditetapkan oleh sekolah bersama yayasan.

2.2 KESEJAHTERAAN

Memberikan kesejahteraan kepada para guru dan karyawan sesuai dengan beaya hidup di daerahnya masing-masing, sehingga mereka merasa mendapat penghargaan dari pihak sekolah dan yayasan, karena opini atau “image” masyarakat luas bahwa para guru dan karyawan SMA Xaverius 1 Palembang ( Yayasan Xaverius Palembang) kesejahteraannya tinggi (honor maupun gajinya).

2.3 USAHA EKONOMIS

Selain pemasukkan dari SPP para siswa, sekolah bersama Yayasan dapat membuka usaha maupun channel-channel lain di sekolah atau pendidikan yang dapat menunjang kelangsungan dan kemajuan pendidikan dan karya-karya social lainnya seperti mengelola:
1. Toko-toko buku.
2. Koperasi sekolah.
3. Kursus-kursus pendidikan dan keterampilan.
4. Lahan-lahan yang produktif.
5. Rumah sakit atau Poliklinik.
6. dan sebagainya.

2.4 DANA ABADI

Sekolah atau Yayasan perlu menghimpun dana abadi yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh secara teliti, jeli, dan professional, sehingga dapat menunjang kemajuan sekolah dan Visi serta Misi Renstra Yayasan Xaverius dan kesejahteraan bersama untuk siap sedia menyongsong globalisasi dan masa depan pendidikan.

IV. LINGKUNGAN

Menata lingkungan di sekitar SMA Xaverius 1 Palembang, baik penataan gedung, taman, tempat istirahat atau santai, sehingga dapat memberi rasa kenyamanan dan keamanan bagi para guru, karyawan, dan siswa dan diharapkan dapat memberikan dampak mempertinggi daya juang dan semangat bagi mereka dalam berkarya dan belajar. Hal ini diperlukan penataan lingkungan yang alami, baik interior maupun eksteriornya.


V. PENUTUP
Tulisan ini mungkin masih jauh dari apa yang disebut makalah, tetapi semoga dapat memberikan masukkan yang bukan sekedar sebuah wacana, sehingga apabila direnungkan, ditanggapi, diuraikan secara rinci, dan dilaksanakan secara bersama-sama dengan hati jernih dan lapang dada, akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi setiap insan di SMA Xaverius 1 Palembang untuk menjadi semakin dewasa dan tanggap dalam menghadapi tanda-tanda zaman yang semakin mengglobal ini.

Tiada gading yang tak retak, karena masih banyak lagi yang harus kita siapkan secara terperinci dan konkrit, agar SMA Xaverius 1 Palembang selalu siap dan waspada dalam menyongsong hari atau masa depannya.

Viva Xaverian !

Palembang, 17 Desember 2005





RBM. Sutartomo, B.A.

No comments: