Monday, June 11, 2007

Visi, Misi dan Tujuan SMA Xaverius 1 Palembang

YAYASAN XAVERIUS PALEMBANG
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) XAVERIUS 1
STATUS : DISAMAKAN
Jalan Bangau No.60/1258 Palembang – 30113
((0711)358005, Fax:(0711)373061, Email : sma_xav1@telkom.net

=====================================================================
VISI, MISI DAN TUJUAN SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG

VISI :
SMA Xaverius 1 sebagai pusat keunggulan pelayanan pendidikan berbasis pengembangan teknologi informasi dan komunikasi bagi generasi penerus didasarkan nilai-nilai persaudaraan dan cinta kasih.

MISI :
· Mendidik dan mendampingi anak didik mempelajari ilmu pengetahuan sesuai dengan kurikulum untuk mempersiapkan anak didik menghadapi persaingan global.
· Melatih dan mendampingi anak didik memperoleh ketrampilan dan kegiatan ekstrakurikuler yang mengembangkan segi emosional anak.
· Membina dan mendampingi anak didik menumbuhkembangkan sikap-sikap kemanusiaan dan mengembangkan hati nurani, solidaritas, dan humaniora.
· Membina dan mendampingi anak didik menumbuhkembangkan spiritualitas yang mengembangkan toleransi, dan cinta kasih kepada sesama manusia.
· Menumbuhkembangkan sikap kritis, kreatif, inovatif, dan demokratif.

TUJUAN :
Ø Peningkatan dan pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, berwawasan pengetahuan, teknologi informasi, dan komunikasi, budaya dan seni (Cf. Gravissium Educationis No. 8)
Ø Peningkatan dan pengembangan emosional, sikap kemanusiaan yang bernurani, solidaritas yang humanis dalam kaitan dengan lingkungan, sosial budaya, dan alam sekitar (Cf. Gravissium Educationis No.8).
Ø Peningkatan dan pengembangan nilai luhur semangat persaudaraan, mencintai sesama. (Cf. Renstra YX 2.2.4 dan 4.4.8).
Ø Pencapaian belajar yang efektif dan inovatif meliputi peningkatan kompetensi dalam metode dan strategi pembelajaran, peningkatan system administrasi pembelajaran, dan peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan bahan ajar.
Ø Pengembangan SMA Xaverius 1 Palembang sesuai dengan kebutuhan zaman yang berkembang dalam menanggapi tawaran Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Umum tentang School Development and Investment Plant (SDIP). ( Cf. Gravissium Educationis No. 9 alinea ke-2).
Ø Pengembangan sarana dan jaringan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, administrasi sekolah, dan komunikasi internal/eksternal.
Ø Pengembangan bahan ajar untuk setiap mata pelajaran.
Ø Pengembangan perpustakaan yang representative menuju electronic library.
Ø Peningkatan dan pengembangan hubungan dan kerjasama dengan pemerintah (Cf, Renstra YX 6.2).

Palembang,.......................


RBM. Sutartomo